Smanti Forum
login dulu yuk....

Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Mieri on Sun Jul 20, 2008 8:12 pm

Banyak sekali kata dalam bahasa indonesia yang telah kita salah pahami artinya dan bahkan kita gunakan arti yang salah itu setiap hari. memang sih, tidak menggangu, namun kata kata salah arti itu dalam waktu lama dapat dapat dilupakan fungsi sebenarnya dan diganti dengan fungsi baru. contohnya saja, bibi

dulu, bibi digunakan untuk merujuk kepada saudara perempuan dari ibu/ayah, namun sekarang, bibi digunakan untuk pembantu rumah tangga. sangatlah drastis perubahanya.

contoh lain adalah cita cita.

ayah: ujang, cita-cita kamu kalau sudah besar ingin menjadi apa?
ujang: aku ingin jadi dokter yah!
ayah: kamu harus rajin belajar kalau mau jadi dokter.

dari percakapan di atas dapat di simpulkan bahwa cita-cita = pekerjaan

menurut saya, cita-cita adalah gagasan/ide/keinginan yang ingin dicapai

contoh:

Aku ingin menemukan vaksin HIV/AIDS!!!
Aku ingin membangun gedung tertinggi di dunia!!

sedangkan pekerjaan adalah salah satu jalan menuju cita-cita, karena tidak semua orang memiliki pekerjaan yang dapat memenuhi cita-citanya.

contoh: kalau aku ingin menemukan vaksin, aku harus bekerja sebagai ilmuan!!!
: kalau aku ingin membuat gedung tertinggi di dunia, aku harus menjadi arsitek!!!

jadi, menurut saya percakapan antara anak dan ujang tadi adalah salah. seharusnya sang ayah bertanya, apakah pekerjaan yang kamu inginkan kalau kamu udah besar nak?? atau si anak menjawab aku ingin menjadi pelari tercepat didunia.

cmiw

Mieri
Co administrator
Co administrator

Jumlah posting : 484
Age : 24
Location : /home/gilang, indonesia
Cendol/Bata : 4
Registration date : 17.07.08

Lihat profil user http://gilangcp.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by dwinz on Mon Jul 21, 2008 10:14 am

yoiii mamennn..........
tumben lu berkata benar...!!!! dont want

dwinz
Admin
Admin

Jumlah posting : 211
Age : 24
Location : Bogor
Cendol/Bata : 0
Registration date : 17.07.08

Lihat profil user http://sman3.forumotion.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by niaaa :) on Sat Jul 26, 2008 8:52 am

edann ..
masuk klas BAHASA ajj gil !
(emg ada yaa ?)
hehe

niaaa :)
Junior
Junior

Jumlah posting : 247
Age : 25
Location : Cibinong
Cendol/Bata : 0
Registration date : 19.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by zat01ch1 on Sat Jul 26, 2008 9:16 am

hemm...

namanya juga ANAK-ANAK....

zat01ch1
moderator
moderator

Jumlah posting : 215
Cendol/Bata : 0
Registration date : 17.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Mieri on Sat Jul 26, 2008 9:21 am

ha?

_________________
UN Bentar lagi T.T

Mieri
Co administrator
Co administrator

Jumlah posting : 484
Age : 24
Location : /home/gilang, indonesia
Cendol/Bata : 4
Registration date : 17.07.08

Lihat profil user http://gilangcp.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Ticka Tanjung on Sat Jul 26, 2008 12:30 pm

hahahhaha .
gilang berbahasa .

SALUT GW SALUUUT ! Laughing

Ticka Tanjung
moderator
moderator

Jumlah posting : 569
Age : 24
Location : in the new SPACE of the world !
Cendol/Bata : 0
Registration date : 18.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Silver_Bullet on Tue Aug 12, 2008 12:33 am

kemajuan eeeuuuuyyyy....

Tmbn gil bnr.... hahahahhahahahaha...

Silver_Bullet
Senior
Senior

Jumlah posting : 348
Age : 24
Location : Bogor only...
Cendol/Bata : 1
Registration date : 21.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by silver_Feeiy on Tue Aug 12, 2008 5:52 am

@gilang
kren sumpee

@ncui
hus, tmen isyaf kdu d dkung

silver_Feeiy
Senior
Senior

Jumlah posting : 618
Age : 23
Location : CLOW country or Bogor, INDONESIA
Cendol/Bata : 0
Registration date : 29.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by billa super duper tulalit on Fri Aug 15, 2008 3:00 pm

pada masuk kelas bahasa aja buu ..

billa super duper tulalit
Junior
Junior

Jumlah posting : 240
Age : 24
Cendol/Bata : 0
Registration date : 15.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Tyo on Fri Aug 15, 2008 8:09 pm

Tumbeen bgt ada topic kyk gini

Tyo
V.I.P
V.I.P

Jumlah posting : 519
Age : 23
Cendol/Bata : 0
Registration date : 18.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Kafin on Sat Aug 16, 2008 1:20 pm

beh gilang...... onion cry

lo masuk ips aja!!!! cocok lo jadi pengacara =d

tapi gw setuju ama lo kok.

Kafin
moderator
moderator

Jumlah posting : 258
Age : 24
Location : OTAKU LAND
Cendol/Bata : 4
Registration date : 19.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by niaaa :) on Sun Aug 17, 2008 3:47 pm

eh,
si gilang kan suka gga nyambung klo diajak ngbrol ..
b'ati pemahaman lu yg kurang gil ..
hahaha

niaaa :)
Junior
Junior

Jumlah posting : 247
Age : 25
Location : Cibinong
Cendol/Bata : 0
Registration date : 19.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Ticka Tanjung on Sun Aug 17, 2008 7:34 pm

NIA ! sut ah .
jangan nyindir gitu .
hahahhaha .

jawabannya ALHAMDULILLAH giilang sudah berubah .
begitu .
hahhaha.

Ticka Tanjung
moderator
moderator

Jumlah posting : 569
Age : 24
Location : in the new SPACE of the world !
Cendol/Bata : 0
Registration date : 18.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by billa super duper tulalit on Tue Aug 19, 2008 3:27 pm

iyaa bener ..
si gilang berubah itu udahh aminnnn ..
hahaha ..

billa super duper tulalit
Junior
Junior

Jumlah posting : 240
Age : 24
Cendol/Bata : 0
Registration date : 15.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Mieri on Tue Aug 19, 2008 7:00 pm

...

jadi pada dasarnya ngeledek gw neh?

hha..

_________________
UN Bentar lagi T.T

Mieri
Co administrator
Co administrator

Jumlah posting : 484
Age : 24
Location : /home/gilang, indonesia
Cendol/Bata : 4
Registration date : 17.07.08

Lihat profil user http://gilangcp.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by billa super duper tulalit on Wed Aug 20, 2008 2:32 pm

si gilang baru nyadar ..
hahahhaha ..

billa super duper tulalit
Junior
Junior

Jumlah posting : 240
Age : 24
Cendol/Bata : 0
Registration date : 15.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by niaaa :) on Wed Aug 20, 2008 5:48 pm

@gilang
maapin .. Sad

niaaa :)
Junior
Junior

Jumlah posting : 247
Age : 25
Location : Cibinong
Cendol/Bata : 0
Registration date : 19.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by billa super duper tulalit on Thu Aug 21, 2008 2:52 pm

ya udahh dehhh si gilang jgn ngambek iaa ..
oteehhh ?

billa super duper tulalit
Junior
Junior

Jumlah posting : 240
Age : 24
Cendol/Bata : 0
Registration date : 15.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by ecky^^ on Sat Aug 30, 2008 8:08 pm

AH !!!

gw kurang stuju nih, lu sndiri kan yg blang klo cita2 tuh keinginan yg ingin dicapai, yg brarti "Future"-kan ???

Nah, klo si Ujang ngmong "Dokter", itulah keinginannya ujang di masa depan, mendapat pekerjaan menjadi seorang dokter.

_________________
Ecky_Cakep

ecky^^
Co administrator
Co administrator

Jumlah posting : 308
Age : 24
Location : Bogor
Cendol/Bata : 0
Registration date : 17.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by billa super duper tulalit on Mon Sep 01, 2008 11:14 am

maksudnya apa sihh ky ?

billa super duper tulalit
Junior
Junior

Jumlah posting : 240
Age : 24
Cendol/Bata : 0
Registration date : 15.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Silver_Bullet on Mon Sep 01, 2008 9:20 pm

ecky sk gk jelas nie...

Silver_Bullet
Senior
Senior

Jumlah posting : 348
Age : 24
Location : Bogor only...
Cendol/Bata : 1
Registration date : 21.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by silver_Feeiy on Mon Sep 01, 2008 9:34 pm

Ecky mah sok tau

gag usa didengerin

GUNAKAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR teman-teman sekalian

silver_Feeiy
Senior
Senior

Jumlah posting : 618
Age : 23
Location : CLOW country or Bogor, INDONESIA
Cendol/Bata : 0
Registration date : 29.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Silver_Bullet on Mon Sep 01, 2008 9:40 pm

stuju gw... karena bhs.indonesia merupakan bahasa persatuan....

Silver_Bullet
Senior
Senior

Jumlah posting : 348
Age : 24
Location : Bogor only...
Cendol/Bata : 1
Registration date : 21.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Ticka Tanjung on Tue Sep 02, 2008 10:35 am

tauk ah .
si sayang ngomongnya pabalieut !
kembalilah k jalan yang benar sayang !
jahahhaa .

Ticka Tanjung
moderator
moderator

Jumlah posting : 569
Age : 24
Location : in the new SPACE of the world !
Cendol/Bata : 0
Registration date : 18.07.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by billa super duper tulalit on Tue Sep 09, 2008 1:41 pm

tuuhh ky dengerin ..

billa super duper tulalit
Junior
Junior

Jumlah posting : 240
Age : 24
Cendol/Bata : 0
Registration date : 15.08.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bahasa indonesia dan ke salah pahaman dalam menggunakan kata

Post by Sponsored content Today at 12:52 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik